BERBAGI
Bhabinkamtibmas Bripka. Fredik Bay Bersama Para Pedagang Pasar Sore Kampung Yansu saat Mensosialisasikan Berita Hoax dan Saber Pungli, Minggu (25/3).

SENTANI-Puluhan pedagang pasar sore Kampung Yansu, Distrik Kemtuk Gresi mengikuti sosialisasi berita hoax dan Sapu Bersih Pengutan Liar (Saber Pungli) yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Nimboran, Bripka. Fredik Bay, Minggu (25/3).

Fredik menyampaikan, sebagai masyarakat harus menyadari perkembangan teknologi semakin canggih seperti handphone android dan internet yang sudah bebas dipake oleh semua kalangan.

“Kita sebagai pengguna media sosial jangan kaget bila ada berita hoax melalui facebook dan media sosial lainnya yang dapat membuat perpecahan diantara kita. Sehingga kita harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan jangan mudah terpancing berita hoax,” jelasnya.

Fredik menjelaskan, terkait Saber Pungli sudah ada aturannya yaitu UU No 2 Tahun 2002 Tentang Polri dan UU No 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik.

“Kita sebagai masyarakat dalam mengurus suatu urusan atau masalah jangan memberikan sesuatu berupa uang atau pun benda demi memperlancar suatu urusan, karena akan kena sanksi hukuman terhadap yang memberi dan menerima sama, semua akan mendapatkan sanksi hukuman sesuai UU yang berlaku,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kampung Yansu, Marthen Yansip merasa senang dengan hadirnya pihak kepolisian dalam menyampaikan sosialisasi ini karena berkaitan dengan keamanan dan hukum. “Harapannya supaya masyarakat Kampung Yansu bisa memahaminya dengan baik,” tutupnya.(tom/yek)