BERBAGI
EL, Pemuda Asal PNG Diamankan Bersama 28 Paket Ganja Miliknya di Polsubsektor Skow.

 

JAYAPURA-Seorang pemuda Warga Vanimo, Papua New Guinea (PNG) berinisal EL (22) tertangkap tangan petugas keamanan gabungan, menyelundupkan 28 paket ganja di Pasar Perbatasan Indonesia, Sabtu (24/3) siang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Minggu (25/3) membenarkan, penangkapan warga PNG di Pasar Perbatasan atas kepemilikan ganja.

Terungkapnya upaya penyelundupan ganja ini, jelas Kamal, berawal dari kecurigaan aparat keamanan Polri dan TNI yang melaksanakan patroli gabungan di seputar Pasar Perbatasan Indonesia, pukul 12.00 WIT.

Dalam pemeriksaan badan, lanjut Kamal, aparat mendapati 28 paket ganja yang disimpan dalam plastik bening ukuran sedang. Tak hanya itu, aparat juga menemukan 6 linting ganja siap pakai dari tangan EL.

“Awalnya aparat mencurigai gerak-gerik pelaku yang berdiri di salah sau ruko di sekitar Pasar Perbatasan, saat pemeriksaan ditemukan ganja, sehinga langsung diamankan,” kata Kamal.

Mantan Wakapolres Depok ini menambahkan, pelaku saat ini telah diserahkan ke Polsek Muara Tami guna proses hukum lebih lanjut. “Diduga ganja seberat 500 gram milik pelaku hendak diedarkan kembali di Jayapura. Namun untuk lebih lanjut akan didalami oleh Polres Jayapura Kota,” tambahnya.(ful/yek)