BERBAGI
Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar Memberikan Bantuan Flip Jaket untuk Masyarakat di 7 Kampung di sekitar Danau Sentani.

Pemkab Jayapura Apresiasi Pembangunan Tersebut

JAYAPURA-Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengharapkan, Markas Unit Polair Danau Sentani dapat menjadi titik pangkal Kepolisian Perairan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Perairan Danau Sentani.

Hal ini disampaikan Jenderal asal Padang, Sumatera Barat ini dalam pencanangan pembangunan Markas Unit Polair Danau Sentani di Kampung Sereh, Kabupaten Jayapura, Sabtu (24/3) kemarin. Pencanangan ini juga disaksikan Ketua Harian Doktor Share Kiman Karel serta para ondofolo dan ondoafi dari 7 kampung.

Kapolda menginginkan, Polisi Perairan (Polair) sebagai pengemban fungsi perairan di wilayah Polda Papua mampu memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman masyarakat secara maksimal di Perairan Danau Sentani dan sekitarnya.

“Kehadiran Markas Unit Polair Polda ini tidak hanya digunakan untuk pelayanan, perlindungan, pengayoman serta pemeliharaan Kamtibmas, namun juga untuk melayani kesehatan masyarakat dengan bekerja sama Doktor Share,” kata Boy Rafli.

Mantan Kadiv Humas Polri ini pun mengapresiasi, Doktor Share beserta seluruh paramedis yang telah peduli terhadap kesehatan masyarakat Papua, khususnya wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura. Tak kalah penting, Boy Rafli mengapresiasi para tokoh masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Markas Unit Polair Danau Sentani.

Ia menambahkan, sambang kampung dan tatap muka ini merupakan salah satu bentuk nyata dan bukti Polri dalam hal ini Polda Papua untuk mendekatkan diri dan menjalin komunikasi serta membangun kemitraan dan sinergritas dengan para ondofolo, kepala suku, kepala kampung dan para tokoh.

“Menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban  merupakan kebutuhan kita bersama. Jadi saya mewakili institusi mengucapkan terima kasih kepada para tokoh di Sentani,” tambah mantan Kapolda Banten ini.

Ketua Pelaksana Harian Yayasan Doktor Share, Kiman Karel menuturkan, pihaknya sudah berulang kali memberikan pelayanan kesehatan di wilayah Papua, terutama di Pegunungan. Demikian juga pelayanan kesehatan di Danau Sentani, tidak lepas dukungan dari para tokoh masyarakat dan Direktorat Polisi Perairan Polda Papua.

“Doktor Share adalah suatu yayasan yang bergerak memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarkat, mulai dari Sabang hingga Merauke. Namun untuk pelayanan kami fokuskan ke daerah Papua,”  katanya.

Untuk di kawasan Danau Sentani sendiri, Kiman menambahkan, pihaknya akan memfokus pelayanan kesehatan Tuberkulosis (TB). Hal ini menyusul adanya temuan 145 kasus penderita TB di 19 Puskesmas di Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Direktur Polisi Perairan Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto menambahkan, pelayanan kesehatan bekerja sama Doktor Share akan berkelanjutan. Sebelumnya, pihaknya juga telah melayani kesehatan masyarakat di kawasan Pantai Utara hingga masyarakat yang tinggal di sekitar Perairan Biak.

Rencananya, Yulius mengemukakan, pihaknya akan membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kawasan Pantai Selatan, pada Mei 2018 ini. “Pantai Selatan ada beberapa wilayah yang menjadi fokus kita, yakni di Asmat, Timika dan sekitarnya,” kata Yulius.

Dalam pelayanan kesehatan, lanjut Yulius, pihaknya akan bekerja sama dengan intansi terkait, termasuk pelayanan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentani. “Di Danau Sentani ini mungkin terkait penanganan penyakit TB. Kami juga telah melatih Bhabinkamtibmas untuk penanganan awal penyakit ini,” tambahnya.

Asisten 1 Bidang Pemerintah Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri,S.Sos,M.KP menyambut baik pembangunan Markas Polair Danau Sentani di Kampung Sereh Tua dengan harapan ke depan akan memberikan satu dampak positif guna terselenggaranya aspek-aspek pembangunan di Kabupaten Jayapura.

“Wilayah Distrik Sentani yang berkaitan dengan Gunung Cycloop dan Danau Sentani tersebar di 4 daerah yang erat kaitannya dalam dukungan bagi masyarakat di danau dalam rangka pelayanan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Cycloop dan Danau Sentani yang terintegrasi sesuai kebijakan-kebijakan pemerintah,” tambahnya.

Sektor keamanan di bidang Polair, kata Abdul, sangat berkaitan erat sekali dalam mendukung kelancaran pemberdayaan masyarakat dan juga ketertiban di masyarakat di Kabupaten Jayapura. Pembangunan Markas Polair ini juga mendukung Pemerintah Kabupaten Jayapura yang berperan sebagai sub sektor PON 2020.

“Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah siap menyambut masyarakat seantero nusantara yang akan datang ke sini dan untuk itu sangat bermanfaatlah dibangunnya Markas Unit Polair ini,” pungkasnya.(ful/tom/yek)