BERBAGI
Aksi Gunansar Papua Mandowen saat Memegang Bola dalam Debutnya di Stadion Mandala, Sabtu (24/3). Dalam pertandingan itu, Persipura mampu menang 2-1 atas lawannya Persela Lamongan.

JAYAPURA-Pertandingan pembuka yang dilakoni Persipura Jayapura di hadapan ribuan pasang mata yang memadati Stadion Mandala Jayapura yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Mutiara Hitam terlihat kemampuan beberapa pemain muda yang di turunkan memiliki skill yang mumpuni, Sabtu (25/3).

Salah satunya, Gunansar Papua Mandowen didebut pertama bersama Persipura Jayapura mampu menjadi bahan perbincangan karena kualitas yang dimiliknya. Pemain yang merupakan mantan tulang punggung timnas U-16 itu terlihat begitu mempesona ketika memainkan bola di lini tengah Mutiara Hitam.

So, kepercayaan yang diberikan pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler kepadanya dibayar dengan harga yang sesuai di mana operan bolanya kepada rekan setimnya begitu akurat. Selain itu, kontrol bolanya dan pergerakannya pun sangat sempurna.

Atas kemampuannya itu, tak jarang sesekali ketika dirinya memang bola ataukah mampu melewati pemain Persela Lamongan penonton menyoraki namanya.

Peter Butler mengatakan, Gunansar Papua Mandowen dalam pertandingan ini begitu baik penampilannya sehingga wajar masyarakat memujinya.

“Gunansar baru bergabung dengan tim Persipura tapi saya rasa dia pemain yang tampil sangat baik di pertandingan tadi,” aku pelatih asal Inggris itu.

Ia menyadari, jika pemain muda yang direkrutnya memang masih tergolong sangat muda, namun kalau ditempa dalam latihan dan diberikan waktu maka mereka akan jadi pemain yang sangat berkualitas.

“Usia 19 mereka akan jadi lebih baik. Gunansar, Ronaldo, Kevin dan Todd juga yang lainnya, tapi kita harus sabar dan kasih pemain seperti mereka waktu,” terang dia.

Hal serupa dikatakan mantan kapten Persipura Jayapura era 1990an Fernando Fairyo. Menurutnya, Gunansar Papua Mandowen memiliki kualitas skill yang begitu luar biasa.

“Skill yang dimiliki Gunansar Mandowen sangat luar biasa. Saya berharap agar pemain seperti itu dapat dipertahankan oleh Persipura Jayapura,” harapnya.

Nando sapaan akrab Fernando Fairyo berharap, ke depan jangan lagi ada talenta Papua diambil oleh klub lainnya di Indonesia, baiarlah talenta itu digunakan di Mutiara Hitam.

“Jarang ada pemain yang bagus seperti mereka, Mandowen, Kevin Rumakiek, Jorgen Awi, Rifaldo Fere, Papua Komboy, Boaz Atururi, Diego Warbabkay, Alvian Sanyi, Patrick Womsiwor dan pemain muda yang ada di skuad Persipura saat ini. Jaga mereka dengan baik, kerena mereka pemain masa depan persipura,” sebutnya.

Mantan pelatih tim Siwo Papua mengimbau, kepada seluruh pencinta Persipura Jayapura agar dapat memberikan dukungan moril kepada semua pemain Persipura Jayapura tapi lebih khusus kepada semua pemain-pemain muda yang tentunya sangat membutuhkan dukungan penuh dari semua yang menyaksikan mereka bertanding.

“Jangan teriaki mereka saat ada sedikit kesalahan, tapi mari beri tepuk tangan kepada mereka agar mental bertanding mereka tetap terjaga sepanjang pertandingan,” tutupnya.(aan/yek)