BERBAGI
Saparuddin Latu

WAMENA – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, kembali menggelar wisuda untuk program Pascasarjana di baruga AP Petta Rani Unhas Tamalanrea, Selasa (21/3).

Sebanyak 709 wisudawan mengikuti prosesi wisuda  yang dihadiri Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu. Dan dalam wisuda program doktor, magister, spesialis, dan profesi kali ini ditetapkan delapan wisudawan berprestasi.

Salah satunya Saparuddin Latu. Apoteker PNS Dinas Kesehatan Jayawijaya ini adalah mahasiswa Program Doktor jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan raihan IPK 3, 94 dengan masa studi 2 tahun 3 bulan.

Saparuddin Latu mengatakan, kesuksesannya menjadi wisudawan terbaik dikarenakan beberapa hal. Pertama menyiapkan lebih awal judul yang akan diteliti sedini mungkin, dipahami serta diteliti secepatnya.

Kedua banyak membaca, berdiskusi dan bertanya agar dapat menambah wawasan kita. Ketiga usahakan banyak mengikuti pertemuan ilmiah atau seminar-seminar terkait judul.

Keempat, menurut Latu, harus menyiapkan penelitian lebih awal untuk terbit pada jurnal yang terakreditasi atau jurnal international sebagai syarat ujian nanti.

“Tak kalah penting banyak komunikasi dengan promotor dan ko-promotor serta penguji untuk kesempurnaan penelitian disertasi kita,” kata apoteker PNS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya tersebut. (lay/jog)