BERBAGI
Suasana pertemuan rombongan Uni Eropa dengan Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo di ruangan Sekda, Kantor Bupati Jayawijaya, Rabu (21/3).

WAMENA –  Uni Eropa saat ini sedang konsen dalam mendorong perlindungan hutan di Indonesia. Salah satu taman nasional yang menjadi perhatian adalah Taman Nasional Lorentz di Papua.

Hal ini terungkap dalam  kunjungan Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guerend di Wamena, Jayawijaya, Rabu (21/3) kemarin. Kunjungan Dubes Uni Eropa diterima langsung oleh Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo, Asisten I Sekda, Asisten II Sekda dan Kepala Balai Taman Lorentz.

Guerend usai pertemuan kepada wartawan mengungkapkan, Uni Eropa saat ini Uni Eropa sangat terlibat dalam perlindungan keanekaragaman hayati (biodiversity) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia karena di Indonesia biota ini sangat besar, sehingga Uni Eropa punya program di tingkat ASEAN.

“Tetapi juga di Indonesia yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan dan biota. Itu juga dukungan termasuk dalam berbagai taman nasional di Indonesia. Berkaitan dengan ini Taman Lorentz juga menjadi perhatian dari Uni Eropa,” jelasnya.

Selain itu, Uni Eropa juga kata Vincent juga punya program di tingkat nasional, tetapi juga ada sejumlah benefit untuk Papua berkaitan dengan pendidikan, kesehatan.

“Uni Eropa adalah salah satu donator untuk Global Fund yang berkaitan dengan HIV, TB dan Malaria. Tentu itu implementasinya ada di Papua sehingga ada dampak yang positif,”  ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten di Papua, dan salah satunya di Kabupaten Jayawijaya.

“Selama di Wamena bertemu dengan Sekda, berkunjung ke sekolah, rumah sakit, perkebunan kopi, produsen madu dan ada pula bertemu dengan Kapolres. Tujuannya menggali informasi lebih dalam mengenai Jayawijaya dan juga tantangan yang ada,” katanya.

Dia menambahkan, semua informasi yang diterima selama di Papua akan dibawa ke Jakarta untuk didiskusikan dengan duta besar Negara-negara Uni Eropa lainnya untuk melihat kerjasama Uni Eropa dengan Indonesia.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo berharap kehadiran Uni Eropa di Wamena dapat membawa dampak positif bagi daerah, sehingga sasaran yang diinginkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.(lay/man)