BERBAGI
Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi

JAYAPURA,- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 kurang dari dua tahun lagi, tentu hal ini limit waktu persiapan PON kian menyempit. Untuk itu. Pemerintah Provinsi Papua dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menggelar Rapat Koordinasi dan Konsultasi Teknis (Rakorteks) untuk menyelaraskan Cabang Olahraga dan nomor pertandingan.

Rakorteks dibuka Penjabat Sementara Gubernur Papua Soedarmo, Rabu (21/3), di Hotel Sahid Entrop Jayapura, dihadiri Teknikal Delegate (TD) dari 46 Cabang Olahraga, Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno, Sekum KONI Papua Kenius Kogoya dan Pengprov Cabang Olahraga.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi, mengatakan tujuan dari rapat Kordinasi dan Konsultasi Teknis untuk menyelesaikan dan memutuskan berapa Cabang Olahraga dan nomor yang dipertandingkan pada PON XX.

Menurut Yusuf, PB PON Papua bidang pertandingan belum bisa bekerja karena nomor Cabor dan kuota Atlet terus berubah. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memutuskan jumlah Cabang Olahraga dan nomor yang akan dipertandingkan, dengan demikian bisa kita ketahui jumlah Atlet dan Official.

Yusuf mengaku, dalam bidang pertandingan ada lima hal yang akan dibahas diantaranya finalisasi Cabang Olahraga, finalisasi teknis peralatan pertandingan dan peralatan pendukung pertandingan, spesifikasi teknis arena pertandingan, sumber daya manusia yang akan mendukung pertandingan seperti wasit dan juri serta sumber daya pendukung dan venue atau Calon venue yang akan digunakan.

“Selain itu, kami akan menyusun konsep pertandingan PON. Dari hasil pertemuan ini, akan dilaporkan kepada pemerintah Daerah untuk selanjutnya melakukan rapat kerja terbatas bersama Tim Anggaran untuk mengkaji laporan yang disampaikan oleh PB. PON dan KONI Papua,” ungkap Yusuf Yambe Yabdi.

Dikatakan Yusuf Yambe Yabdi, berkaitan dengan kapasitas fiskal, oleh sebab itu harus ada keputusan dari pemerintah mengenai jumlah Cabor yang akan dipertandingkan sesuai dengan kekuatan fiscal.

Wakil KONI Pusat Suwarno meminta pemerintah Provinsi Papua mempercepat fasilitas pendukung penyelenggaraan PON XX Tahun 2020.

“Masih banyak yang butuh dipercepat dalam menyiapkan berbagai hal agar dapat berjalan tuntas sesuai dengan rencana seperti venue dan serta prasarana harus tepa twaktu tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya.

Selain itu, kata suwarno, kesiapan SDM, akomodasi transportasi, keamanan yang harus dipersiapkan. “Saya berharap kepada pihak yang terkait agar waktu yang ada dapat digunakan sebaiknya yang berkaitan dengan penyelenggaran PON,” terangnya.

Guna mensukseskan pelaksanaan PON di Papua, Suwarno menekan agar semua pihak fokus dan bersama-sama mensukseskan pelaksanaan PON di Papua.

“Mari kita bersama pemerintah daerah, KONI, PB. PON bersatu mengupas secara tuntas yang masih terkendala,” ajaknya.(aan/pel)