BERBAGI
Foto Bersama Tim Dojo Uncen Forki Papua Saat Usai mengikuti Final Piala Gubernur tahun 2017

JAYAPURA- Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Papua akan mengutus 13 Atlet Karate Papua mengikuti Kejuaraan Karate Nasional Piala Mendagri 23-25 Maret 2018, di Palu Sulawesi Tengah.

Menurut Ketua Harian Forki Papua Menase Opur SH, pengiriman 13 Atlet Karate diajang Piala Mendagri, untuk mengukur potensi Atlet Karate Papua jelang PON XX Tahun 2020 dimana Provinsi Papua sebagai tuan rumah.

“Ajang ini merupakan kesempatan Atlet Karate Papua untuk mengukur potensi jelang PON XX nanti, dan juga sebagai ajang seleksi Nasional memperkuat Timnas diajang Asia,” ujar Menase Opur SH, saat dikonfirmasi via Telepon  beberapa waktu lalu.

Diakuinya, kehadiran 13 Atlet Karateka Papua akan memberikan pengalaman tersendiri dalam pembinaan Atlit Karate Papua kedepan, karena mereka yang diberangkatkan merupakan hasil penjaringan dari Kejuaraan Karate Piala Pangdam XVII Cenderawasih, Piala Walikota Jayapura dan yang terakir Piala Rektor Universitas Cenderawasih.

Hal sama diungapkan Ketua Harian KKI Papua, Drs. Daud Ngabalin, M.Si bahwa Atlet Karate di Papua cukup banyak tetapi yang untuk mencari Atlit Karate yang berpotensi menyumbang Medali di PON XX harus diterjunkan pada kejuaraan Nasional guna memberikan pengalaman tanding secara langsung kepada Atlit.

“Kita tidak bisa berandai-andai untuk mengukur potensi Atlit Karate, karena Karate merupakan Olahraga tidak terukur sehingga pengalaman tanding perlu ditingkatkan, demi menghasilkan Karateka yang baik,”ucap Daud.

Selain itu, Daud Ngabalin meminta kepada semua pihak agar dapat memperhatikan kesiapan kesiapan Atlit dan venue yang akan disiapkan pada pelaksanaan PON XX seperti Cabor Karate.

“Waktu kita menjelang PON XX tinggal sisa 2 Tahun lagi, akan tetapi kami lihat hingga saat ini sepertinya belum ada persiapan Atlit dan venue yang standar pelaksanaan Cabang Karate,” tambahnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala Tim Karate Papua Novilus Yoku mengatakan Potensi Atlet kita tidak jauh bedah teknik Karate dengan Daerah lain, kita bahkan lebih unggul, tinggal Forki Papua untuk menyiapkan Timnya.

Berikut nama-nama Atlet Karate Tim Forki Papua, Meyfina Buswar Alhamid, Alvonso Wadokmi, Mega Christian E.W. Sapari, Aril Marchzel Ohee, Niko T. Kaigere, Nurul Indah Sari, Berlid D. Depondoye, Intan Aulia Pairin, Samice Karlin Mov, Muh. Andi Berlian Bagaskara, M. Nurwahyu Rumfot, Berdnard Demotekay dan Matius Manila.

Pelatih Novilus Yoku, Amon A. Kosay, Isak S. Yoku, Agustinus Lele, Rusdin SE. dan Manager Jorsul Sattuan.(aan/pel)