BERBAGI
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat Menyerahkan 500 Bibit Tanaman Secara Simbolis kepada Salah Kepala Distrik Nimboran, Edison Yapsenang, Kamis (22/3).

SENTANI-Dinas Kehutanan dan Konservasi Provinsi Papua menyerahkan 500 bibit tanaman kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura kemudian diserahkan kepada masyarakat adat Kampung Yokiwa untuk ditanam. Kegiatan ini berlangsung di sela-sela peringatan Hari Air Sedunia yang berlangsung di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kamis (22/3).

Penyerahan dilakukan Kepala Dinas Kehutanan dan Konservasi Provinsi Papua, Yan Yap L. Ormuseray,SH,M.Si yang diterima Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si.

Yan mengatakan, 500 bibit tanaman itu diserahkan kepada Bupati Jayapura untuk dibagikan kepada masyarakat adat Kampung Yokiwa untuk ditanam. “Bibit yang diserahkan itu terdiri dari bibit buah-buahan seperti, rambutan, petai, gaharu, pinang. Sedangkan, bibit kayu-kayuan seperti, bibit aryokaria, pucuk merah dan palem dan lain-lain,” sebutnya.

Yan mengharapkan, bibit yang diserahkan itu agar ditanam di sekitar halaman rumah masyarakat dan gereja, di pinggir jalan sehingga terlihat rindang dan asri. “Supaya indah dipandang mata apalagi ini bertujuan melestarikan alam sebagaimana sesuai dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dikatakan, penyerahkan bibit ini juga merupakan langkah nyata yang dilakukan salah satu cara dengan menanam pohon. Ini juga salah satu upaya cerdas dalam menyelamatkan Danau Sentani melalui penanaman pohon di cagar alam Pegunungan Cycloop dan kampung sekitar danau.

“ Ini juga sebagai motivasi kita untuk mulai menanam pohon sebab itu salah satu cara efektif menyelamatkan Danau Sentani dan cagar alam Cycloop,” paparnya.(tom/yek)