BERBAGI
Empat Warga Kwamki Narama Pembawa Sajam Diamankan Aparat Gabungan.

JAYAPURA-Aparat Kepolisian Resort Mimika mengamankan empat warga Kwamki Narama, atas kepemilikan senjata tajam, saat mengelar patroli dan sweeping di sekitar Kwamki Narama, Rabu (21/3) kemarin.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Kamis (22/3) membenarkan diamankannya empat warga Kwamki Narama, lantaran berkeliaran membawa senjata tajam.

Menurut Kamal, keempat warga ini diamankan guna mencegah pecahnya konflik di Kwamki Narama. “Mereka ini diamankan oleh tim gabungan Pospol dan BKO Brimob Yogyakarta, saat patroli dan sweeping,” terang Kamal.

Kamal menuturkan, diamankannya keempat warga berawal saat anggota patroli melihat sebuah mobil yang ditumpangi keempat warga kubu atas menerobos ke SP3 Iliale. Dari hasil pemeriksaan, aparata menemukan sejumlah senjata tajam berupa busur, anak panah dan pisau.

“Mereka sudah diamankan di Pospol Kwamki Narama guna pemeriksaan lebih lanjut dan selanjutnya dilimpahkan ke Mapolres Mimika bersama barang bukti senjata tajam,” kata Kamal.

Ia menambahkan, patroli rutin dan sweeping yang dilakukan aparat di kawasan Kwamki Narama merupakan salah satu proses upaya perdamaian konflik yang berlarut-larut di wilayah tersebut. Dalam patroli itu, aparat terpaksa melakukan penggeledahan di rumah warga guna mencari alat tajam yang kemungkinan dapat memicu konflik.

“Patroli juga dilakukan dengan berjalan kaki untuk mencari alat tajam yang disembunyikan oleh warga baik di kubu atas, tengah maupun bawah,” tambah mantan Wakapolres Depok ini.(ful/yek)