BERBAGI
Kepala BNNP Papua Brigjen Pol M. Abdul Kadir Memusnahkan Ganja dengan Cara Dibakar di Halaman Kantor BNNP Papua.

JAYAPURA-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua memusnahkan 90 paket sabu dan 27 paket ganja hasil pengungkapan sejak 20 Februari lalu, di halaman Kantor BNNP Papua, Kamis (22/3) pagi.

Pemusnahan barang bukti ini dipimpin langsung Kepala BNNP Papua, Brigjen Pol. Muhammad Abdul Kadir dengan disaksikan sejumlah pejabat terkait, baik dari Polda Papua maupun pihak kejaksaan, serta tersangka.

Abdul Kadir menyebutkan, pemusnahan barang bukti tersebut sebagaimana amanat dalam Undang-Undang. Disamping itu, pemusnahan ini juga untuk meminimalisir risiko penyalahgunaan barang bukti oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Sesuai instruksi presiden, kita harus hilangkan narkoba dari bumi ini. Jadi, kalau ada barang bukti yang besar tidak perlu lagi disimpan tapi langsung dimusnahkan. Itu menjadi simbol bahwa kita harus melenyapkan barang haram tersebut dari bangsa ini,”  katanya.

Abdul Kadir mengemukakan bahwa barang bukti ini merupakan hasil pengungkapan dari dua kasus di Kota Jayapura, pada 20 Februari dan 4 Maret lalu. Dalam kasus itu, sebanyak dua tersangka yang telah ditahan BNNP Papua.

Di mana dari 90 paket sabu tersebut, sebanyak 0,025 gram disisihkan untuk pengujian Laboratorium Forensik cabang Makassar. Sementara 1 gram ganja dari 27 paket yang disisihkan untuk pengujian Laboratorium BPOM Jayapura.

Ia pun mengimbau, kepada para orang gua agar memberikan pengawasan yang baik terhadap anak-anaknya dari ancaman narkoba. Sebab, upaya pemberantasan narkoba butuh sinergitas antar instansi terkait, khususnya masyarakat itu sendiri.(ful/yek)