BERBAGI

Suriel S. Mofu : Kantor Pusat di Biak, Kota Karang Panas Andalan

JAYAPURA –  Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat akan berganti nama menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (L2PT) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, dengan Kantor Pusat pelayanan di Kota Biak, Ibu Kota Biak Nomfor.

Dengan pergantian status nama Kopertis menjadi L2PT ini juga diberengi peningkatan satu tingkat status lembaga ini dimana dimana sebelumnya Kopertis hanya membawahi Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka dengan bergati nama L2PT juga telah membawahi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“L2PT ini kerjanya   sama dengan Kopertis, yakni menangani pengawasan, pembinaan dan pengendalian dari PT-PT  yang ada di kedua Provinsi ini. Namun  dengan pergatian nama ini maka L2PT melayani PTN dan PTS,” ungkap Ketua Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat DR. Suriel S. Mofu, SPd, Med, M.Phil,  beberapa waktu lalu usai menghadiri  wisuda sarjana  Universitas Ottow Geissler Papua di Aula Badan Pengembangan SDM Papua,  Cigombong, Kota Jayapura.

Diungkapkan DR. Suriel S. Mofu, SPd, Med, M.Phil selama ini Rektor-Rektor  PTN urusannya semua di Jakarta, maka mulai tahun depan tidak ada Rektor  yang ke Jakarta lagi. Semuanya  ke Biak. Kota Karang Panas Biak langsung  jadi andalan.   “Mengapa? Karena Biak lah yang menetapkan dan memutuskan PT  ini dapat tenaga Dosen berapa, dapat  fasilitas berapa, dapat beasiswa  berapa, dapat  penelitian apa, Biak yang putuskan,” ujarnya.

Dengan kehadiran  L2PT di Biak, Suriel S. Mofu menuturkan, baik PTN maupun PTS memiliki  status  yang sama. Jika PTN dapat beasiswa, PTS juga dapat beasiswa. PTN dapat Dosen PNS, PTS juga dapat dosen PNS.

Sekedar diketahui, di Tanah Papua terdapat 78 PTS, masing-masing   42 PTS berada di Provinsi Papua, dan 18 PTS di  Provinsi Papua Barat.  Sementara diseluruh Tanah Air Republik Indonesia terdapat 4.570 PT. (mdc/pel)