BERBAGI

JAYAPURA- Tahun 2018 ini Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis)  Wilayah XIV Papua dan Papua Barat mengajukan  211 Dosen diangkat statusnya menjadi PNS untuk ditempatkan diseluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Papua dan Papua Barat.

Pengajuan pengangkatan status PNS tenaga Dosen ini, diaman dari 1.423 dosen  yang mengajar di PTS diseluruh Tanah Papua, ternyata   Dosen PNS hanya 106 orang tenaga Dosen berstaus PNS.

“Jumlah 106 tenaga  Dosen status PNS di Papua dan Papua Barat ini sangatlah sedikit. Kita  harus tingkatkan jumlah Dosen bertatus PNS,” terang   Ketua Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat DR. Suriel S. Mofu, SPd, Med, M.Phil, usai menghadiri  wisuda sarjana  Universitas Ottow Geissler Papua di Aula Badan Pengembangan SDM Papua,  Cigombong, Kota Jayapura, beberapa waktu lalu.

Suriel S. Mofu mengungkapkan, tiga atau empat tahun kedepan Kopertis Wilayah XIV Papua  dan Papua Barat akan mampu   menyumbang 600 Dosen PNS untuk PTS se-Tanah Papua. “Kita mulai dari tahun ini. Syaratnya adalah bergelar serendah- rendah S2,”  jelasnya.

Karena itu, jelas DR. Suriel S. Mofu,  pengajuan  211 Dosen PNS ini patut  mendapatkan dukungan dari pemerintah. Bahkan Menristek Dikti telah menyatakan silakan diajukan kita akan bicarakan dengan Kemen PAN/RB, sehingga Papua dan Papua Barat akan mendapatkan alokasi  dosen PNS. (mdc/pel)