BERBAGI

Pakar Kuliner Indonesia, William Wongso, bersama Sekjen PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdy
Pakar Kuliner Indonesia, William Wongso, bersama Sekjen PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdy

JAYAPURA – Meskipun pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 masih 2 tahun lagi, persiapan menyambut iven akbar 4 tahunan sekali terus di genjot PB PON Papua.

Baik persiapan venue-venue hingga untuk mempersiapkan konsumsi kepada sekitar 60.000 atlet yang akan bakal mengukuti cabor-cabor pada PON XX dan Paparnas Tahun 2020.

Untuk mempersiapkan komsumsi yang baik, PB PON Papua selaku penyelenggara langsung mendatangkan pakar kuliner William Wongso.

“Didalam PON terdapat 14 bidang, salah satunya bidang konsumsi. Bidang ini adalah satu bidang yang complex, strategis, dan punya tantangan yang cukup luar biasa dimana dia akan kasih makan kurang lebih 60.000 orang selama ivent PON dan Paparnas berlangsung,”ujar Sekjen PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi kepada awak media di VIP Room Bandara Udara Sentani, Rabu (21/02).

Menurut Yusuf Yambe Yabdi dalam mempersiapkan penyenggaraan PON di Papua, PB PON selaku penyelenggara juga sangat membutuhkan orang-orang yang berkompeten dan punya pengalaman yang dapat memberikan yang terbaik agar dalam PON nanti bukan hanya sukses dalam bidang prestasi tapi juga bisa meraih sukses dalam bidang pendukung lainnya.

“Untuk itu setiap manajeman yang sudah kita siapkan memerlukan konsultan yang nantinya mengarahkan kita bagaimana menyiapkan konsumsi yang baik di PON XX nanti seperti apa, makanya kita tidak tanggung-tanggung mendatangkan Master Chef Pak William Wonggso,” ungkap Yusuf Yambe Yabdi yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua.
Lanjut Yusuf Yambe Yabdi menuturkan kedatangan William Wongsong rencananya akan langsung bertemu dengan Ketua Harian PB PON dan dirinya berharap agar Ketua harian dan Ketua Umum PB PON dapat bertemu langsung dengan Wiliam Wongso selaku pakar Kuliner.

“Beliau baru tiba hari ini, dan kebetulan di hari ini ada proses Politik jadi nanti setelah pencabutan nomor urut baru kita akan bertemu dengan Ketua Harian PB PON. Kami berharap Ketua Harian dan Ketua Umum bisa menerima beliau. Dan setelah itu kita akan rapat kordinasi dengan Pimpinan PB, Koni dan Pemerintah terkait dengan persiapan bidang-bidang yang di dalamnya terdapat bidang konsumsi, dan Pak William akan langsung menjelaskan terkait konsumsi seperti apa,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama pakar Kuliner Indonesia, Wiliam Wongso mengatakan jika kedatangannya ke Papua untuk terlibat di dalam Persiapan Konsumsi pada PON XX nanti adalah suatu tantangan bagi dirinya.

“Untuk itu hal tersebut harus direncanakan dengan benar terutama akses untuk mendatangkan bahan baku pangan dan juga proses pengolahan agar dapat benar-benar membantu para atlet yang akan bertanding nantinya. Jadi buat saya ini tantangan yang besar sekali karena penyelenggaraannya di Papua,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk mempersiapkan harus direncankan matang-matang, segala macam akses pengadaan bahan baku pangan itu harus diperhitungkan dengan jeli. Logistiknya dan juga proses pengolahan makanan juga benar-benar di perhatikan karena kita tidak mau atletnya terganggu dengan makanan.

Apakah pernah terlibat di iven besar?
Wiliam Wongso yang mengaku jika kadatangan dirinya ke Papua saat ini adalah yang kedua kalinya sejak menjabat sebagai Penasehat Kuliner. Ia juga menyampaikan jika permintaan PB PON untuk melibatkan dirinya dalam meninjau dan mempersiapkan kuliner pada PON XX di Papua adalah satu kehormatan bagi dirinya.

“Saya pernah ke Papua karena saaat itu saya di percayakan untuk jadi penasihat kuliner Garuda, jadi kali ini buat saya merupakan satu kehormatan untuk meninjau ke sini.” tutupnya. (aan/pel)